Ajarkan Makna Berkurban, SMAN 1 Pamarican Gelar Penyembelihan Hewan

WARTAJABAR.COM: CIAMIS - Idul Adha yang sejatinya sangat lekat dengan hewan Qurban sudah menjadi kewajiban kaum muslimin dan muslimat untuk merayakannya. Begitupun pula dengan para siswa-siswi dan Komite, Kepala Sekolah dan Guru-guru, yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang sangat antusias sekali merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 H, dengan cara melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan pada, Senin (04/09) pagi di Halaman Sekolah tersebut.

Penyembelihan hewan qurban sudah menjadi rutinitas umat islam pada saat Hari Raya Idul Adha, salah satunya yang dilakukan oleh siswa-siswi dan Komite, Kepala Sekolah dan Guru-guru, yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh siswa-siswi dan Komite, Kepala Sekolah dan Guru-guru, yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini, adalah dengan cara melakukan penyembelihan hewan qurban satu ekor sapi.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan pihak panitia sejak pukul 08.00 WIB pagi, bertempat di Halaman SMAN 1 Pamarican, dan dihadiri oleh seluruh siswa-siswi dan Komite, Kepala Sekolah dan Guru-guru , yang berjumlah sekitar 500 orang.

Kepala Sekolah SMAN 1 Pamarican, H. Apep Mutakin, S.Pd., M.Si., ditemui saat acara mengatakan kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan disekolah ini adalah sebagai bentuk dan cara sekolah memberikan pelajaran dan memaknai ibadah berkurban disaat Hari Raya Idul Adha, sehingga para siswa kelak saat dewasa nanti sudah bisa melaksanakannya sendiri.

"Insya Allah kedepannya kegiatan ini akan terus kita lakukan, sehingga bisa berkesinambungan, agar setiap tahunnya kita bisa memberikan gambaran nyata tentang makna dan semangat berkurban kepada anak-anak didik kita," ujar Apep

Apep, juga berharap dengan diselenggarakannya kegiatan penyembelihan hewan qurban, mampu meningkatkan semangat keikhlasan, untuk berbagi dalam kebersamaan kepada warga serta semangat untuk lebih tekun belajar bagi siswa-siswi SMAN 1 Pamarican.
"Dana untuk membeli hewan kurban ini berasal dari infaq dari Keluarga Besar SMAN 1 Pamarican. Nantinya daging sapi ini akan dibagikan secara merata kepada seluruh siswa, guru, dan masyarakat sekitar sekolah. Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini juga merupakan salah satu cara penerapan pendidikan karakter bagi anak-anak," Tandasnya. (Baehaki Efendi).